Perusahaan dan Manajemen. Opini I Wayan Budiartawan

Perusahaan dan Manajemen. Opini I Wayan Budiartawan
Ilustrasi

Perusahaan dan Manajemen. Oleh: I Wayan Budiartawan, Penulis Buku.

Perusahaan bisa menjadi besar karena manajemen. Secara garis besar manajemen meliputi kegiatan Planning-Organizing-Actuating-Controlling atau disingkat POAC. Iklan di lowongan pekerjaan yang mencari tenaga manajemen lumayan banyak tersedia di koran-koran.

Planning dalam manajemen meliputi kegiatan perencanaan dalam perusahaan. Sasaran atau target yang harus dicapai ditetapkan terlebih dulu sehingga perusahaan bisa mencapai keuntungan. Tidak melenceng dari sasaran sehingga berujung kerugian alias pailit alias jatuh. Perencanaan merupakan tahap awal sebelum perusahaan berjalan.

610X200 HUT Kapuas
700 Covid Hariannkri

Organizing terdiri atas penugasan orang-orang dalam perusahaan untuk mengerjakan tugas-tugas di lapangan sesuai dengan apa yang direncanakan perusahaan. Perusahaan membagi-bagi tugas kepada semua staf yang ada. Masing-masing tugas sesuai dengan kepakaran atau kompetensi para tenaga perusahaan.

Baca Juga :  Musrenbang Kapuas Dibuka Dengan Standar Pysical Distancing

Actuating maksudnya menggerakkan orang-orang untuk mengerjakan tugas-tugas keseharian dalam perusahaan. Pimpinan perusahaan memotivasi para bawahannya supaya menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu. Sehingga tidak terjadi pemborosan dana dan waktu karena karyawan/karyawati lamban.

Controlling adalah mengendalikan perusahaan. Tugas-tugas karyawan/karyawati diperiksa apakah sesuai dengan mutu pengerjaan yang diharapkan. Gugus kendali mutu mengawasi tugas karyawan sehari-hari. Kriteria sukses ditetapkan oleh pembuat keputusan di perusahaan yaitu pihak manajemen.

700 Covid Hariannkri
Loading...