Anak Raja Ampat, Anak Dunia. Opini Hasan Makasar

Anak Raja Ampat, Anak Dunia. Opini Hasan Makasar

Anak Raja Ampat, Anak Dunia. Oleh: Hasan Makasar, Kepala SMKN 2 Raja Ampat.

Anak, Raja Ampat dan Dunia adalah tiga kata yang berkesan berbeda namun berhubungan sangat erat dan saling bersinegi antara satu kata dengan kata lain.

Anak Raja Ampat adalah anak yang ditakdirkan Tuhan untuk hadir, hidup dan berinteraksi antar sesama dengan alam semesta Raja Ampat.

610X200 HUT Kapuas
Anak Raja Ampat yang lahir dan hidup di pulau-pulau dan pesisir kepulauan Raja Ampat yang tersebar di empat besar. Pulau Misool, Pulau Salawati, Pulau Batanta, Pulau Waigeo ( Pulau Misool – Pulau Waigeo). Merupakan anak-anak terbaik yang terlahir dan menjadi titipan Tuhan untuk menjaga keempat pulau besar yang disebutkan sebelumnya.

Anak Raja Ampat juga menjadikan alam sebagai sumber kehidupannya yang nampak dari makanan yang telah membesarkan mereka. Yakni sagu, (papeda, sinoli), kasbi, dan sejenis umbian lainnya serta ikan sebagai sumber protein utama. Sehingga secara alamiah Anak Raja Ampat terlahir dengan potensi kecerdasan yang luar biasa dan menjadi karunia terbesar dari ilahi.

700 Covid Hariannkri

Anak Raja Ampat juga hadir di tengah –tengah keluarga dan masyarakat. Yang interaksi sosialnya penuh dengan nilai-nilai baik sebagai basis dari kearifan lokal. Sehingga menjadikan anak Raja Ampat selalu terlihat baik, ramah dan santun yang merupakan kesatuan dari kepribadian dari Anak Raja Ampat itu sendiri.

Baca Juga :  Jangan Terus Menjadi Buih di Lautan, Sebuah Opini Asyari Usman

Anak Raja Ampat juga secara alamiah terlahir dari kehidupan yang majemuk dan pluralisme. Atau sederhananya adalah sebuah kerangka dimana ada interaksi sosial di beberapa kelompok yang menunjukkan rasa saling menghormati dan toleransi satu sama lain. Anak Raja Ampat selalu hidup bersama (koeksistensi). Terlihat dari ragam keluarga dan kehidupan masyarakat kampung yang homogen dalam keberagaman. Karena itu selalu menjadikan Anak Raja Ampat tetap survive dalam alam perubahan dan perkembangan zaman.

Anak Raja Ampat adalah anak-anak yang hadir di alam yang indah, kaya dan menjadi anugerah terbesar bukan hanya untuk Raja Ampat, tetapi bagi bangsa dan dunia. The last paradise in the word adalah julukan yang tidak terbantahkan sehingga Raja Ampat mendunia tidak hanya slogan kosong, tetapi benar-benar.

Baca Juga :  Peringatan Empat Tahun FIRMAN Pimpin Kabupaten Raja Ampat
Mendunia Daerahnya
Mendunia Kampung-Kampungnya
Mendunia Masyarakatnya
Mendunia Anak-Anaknya
Anak Raja Ampat Anak Dunia
700 Covid Hariannkri
Loading...