Kadin Indonesia Upayakan UMKM Bisa Berkembang

Kadin Indonesia Upayakan UMKM Bisa Berkembang
Pencanangan Program UMKM naik kelas di Kantor Pusat Kadin Indonesia, Rabu (15/1/2020)

HARIANNKRI.COM – Kadin Indonesia dibawah kepemimpinan Eddy Ganefo, sebagai Ketua Umum, terus mencari cara dan solusi agar UMKM dapat berkembang. Upaya ini akan realisasikan melalui pencanangan program UMKM naik kelas. Diharapkan dengan program ini akan memberikan solusi tentang permodalan dan jaringan.

Menurut Eddy, berdasarkan data, pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebanyak 99,99% dari total pelaku usaha di Indonesia. UMKM telah terbukti tahan atas berbagai krisis dan bahkan menjadi penopang ekonomi nasional. Namun dalam 10 tahun terakhir, Usaha UMKM jalan ditempat, tanpa ada peningkatan yang bearti. Terutama usaha Mikro, yang mencapai 98,7% dari totak pelaku UMKM.

“Saya sering berkeliling Indonesia menemui langsung pelaku UMKM. Dan dalam minggu ini saja, saya baru saja mengunjungi pelaku UMKM di Palu, Makasar dan Palembang. Sebagian besar mengeluhkan kurangnya modal, dan sebagian lagi karena kurangnya jaringan pasar dan kompetensi,” ujar Ketua Umum Kadin Indonesia dalam sambutan pencanangan Program UMKM naik kelas di Kantor Pusat Kadin Indonesia, Rabu (15/1/2020).
610X200 HUT Kapuas
700 Covid Hariannkri

Ia melanjutkan, Kadin Indonesia membuat suatu program dengan nama Program UMKM Naik Kelas. Dimana dengan karagori Kuantitatif, yaitu dari Omzet dan Asset. Usaha Mikro dengan Omzet maksimal Rp 300 juta pertahun, akan naik kelas ke Usaha Kecil bila Omzetnya meningkat diatas Rp 300 juta sampai dengan Rp 2,5 milyar, dan seterusnya sesuai UU No. 20 tahun 2008.

Baca Juga :  Usai Aksi 22 Mei, Wakapolres Jakbar Datangi Markas FPI

Acara pencanangan Program UMKM Naik kelas, yang dicanangkan oleh Ketua Umum Kadin Indonesia Eddy Ganefo, juga didamping Dr. Benny Pasaribu (Wakil Ketua Umum Bidang Pertanian & Agro), Drs. Yockie M Hutagalung, MM (Wakil Ketua Umum Bidang UMKM), segenap Pengurus Kadin Indonesia Pusat dan Daerah, serta pelaku usaha UMKM.

“Saya memulai usaha dari kecil. Namun tekad, motivasi dan kerja keras yang membawa usaha saya berkembang. Apapun program UMKM, mulailah dari kemauan diri kita sendiri untuk mau berkembang. Dan berubah kearah yang lebih baik,” ujar Yockie Hutagalung, Wakil Kadin Bidang UMKM, dalam sambutran penutup acara pencanangan. (AMN)

Loading...