Ramly Ibrahim Umasugi: RKPD 2021 Fokus Turunkan Angka Kemiskinan di Buru

Ramly Ibrahim Umasugi: RKPD 2021 Fokus Turunkan Angka Kemiskinan di Buru
Bupati Buru, Ramly Ibrahim Umasugi, S.Pi,MM, didampingi wakil Bupati Amustopa Besan, SH dan Plt Sekda Ilias Hamid, saat membuka Musrenbang RKPD Kabupaten Buru tahun 2021.

HARIANNKRI.COM – Bupati Buru Ramly Ibrahim Umasugi menggelar Musrembang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) melalui video conference. Pada RKPD tahun 2021, Kabupaten Buru menekankan program-programnya pada percepatan pertumbuhan ekonomi daerah.

Bupati Buru menjelaskan, pelaksanaan Musrenbang saat ini tidak seperti tahun sebelumnya. Hal ini karena pandemi Covid–19, sehingga harus mengacu pada standar pysical distancing.

“Akibatnya, ada berbagai protokol serta Surat Edaran Pusat dan Provinsi. Maka pelaksanaan Musrenbang Kabupaten Buru tahun 2020 dilakukan melalui Virtual Meeting atau Video Conference,” kata Ramly Ibrahim Umasugi, Sabtu (11/4/2020).

610X200 HUT Kapuas

Hadir dalam kegiatan ini Wakil Bupati Buru, Sekda Kab.Buru, Asisten Ekbang Setda Kab. Buru, Ketua DPRD Kabupaten Buru Forkopimda Kab. Buru, Pimpinan Instansi Vertikal Kepala BPS dan Kepala Kemenag Kabupaten Buru, Rektor Universitas Iqra Buru. Kepala Bapeda Provinsi Maluku yang diwakilkan seluruh pimpinan OPD dan Camat lingkup Pemkab Buru.

Baca Juga :  Sebut 01 Curang, Rocky Gerung Dilaporkan Relawan Jokowi ke Polda

Ramly Ibrahim Umasugi menjelaskan, Musrenbang merupakan proses perencanaan dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Buru Tahun 2021. RKPD adalah Rencana Kerja Pembangunan Daerah, yaitu dokumen perencanaan daerah untuk periode 1 tahun. RKPD disusun untuk menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan. Nantinya, RKPD akan ditetapkan dengan Peraturan Kepala Daerah.

700 Covid Hariannkri
“Sebelumnya telah dilaksanakan Musrenbang tingkat kecamatan mengacu pada Permendagri No 86 tahun 2017. Yang mengatakan bahwa Musrenbang dilaksanakan dalam rangka menyepakati permasalahan pembangunan, arah kebijakan pembangunan dan program kegiatan, pagu indikatif dan indikator sesuai dengan sasaran dan prioritas pembangunan Provinsi,” ujar Ramly Ibrahim Umasugi.

Menurutnya, mengacu pada isu strategis kabupaten dan provinsi serta tema dan prioritas RKP Nasional dan RKPD provinsi tahun 2021 adalah mendorong pertumbuhan yang berkualitas untuk menurunkan angka kemiskinan, penganguran, serta menciptakan Sumber Daya Manusia yang unggul.

Baca Juga :  Menara Jakarta Islamic Centre Miring Berhasil Diperbaiki

Tema tersebut diharapkan menjawab visi RPJMD 2017–2022 Kabupaten Buru di tahun ke empat, dimana kemajuan suatu daerah ditentukan oleh seberapa percepatan pertumbuhan ekonomi suatu wilayah.

“Diharapkan pertumbuhan ekonomi berkualitas agar dapat dirasakan masyarakat Buru, penurunan angka kemiskinan dan pengangguran, peningkatan pendapatan dan pendapatan Indeks Pembangunan Manusia,” jelasnya. (OSY)

700 Covid Hariannkri
Loading...