Dinsos Kapuas Gelar Sosialisasi BDT di Basarang

Dinsos Kapuas Gelar Sosialisasi BDT di Basarang

HARIANNKRI.COM – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kapuas Provinsi Kalteng mulai Sosialisasi Verifikasi dan validasi basis data terpadu (BDT) tahun 2019. Data itu sebagai acuan terhadap masyarakat miskin sesuai dengan indikator yang ditetapkan.

Kepala Dinsos Kabupaten Kapuas, Jaya menyampaikan, sosialisasi itu dimaksudkan untuk mendapatkan data baru Kementerian Sosial. Sehingga nantinya dilakukan verifikasi dan validasi di setiap kecamatan dan masing-masing desa.

“Supaya diketahui warga itu masih ada di desa sesuai kondisi di lapangan. Karena bisa jadi tidak ditemukan karena pindah,” kata Jaya usai sosialisasi di Aula Kecamatan Basarang Provinsi Kalteng, Kamis (1/8/2019).

610X200 HUT Kapuas

Lalu, tambahnya, hasil ini yang akan diinput dan data yang ada milik Dinsos ditambah dari desa. Datanya diambil dari formulir yang diserahkan ke masing-masing desa dan diisi sesuai data terbaru di desa.

Baca Juga :  Wabup Kapuas Rapat Via Video Conference Bersama Mendagri

Di Kapuas, Jaya mengaku sosialisasi baru dilaksanakan di Kecamatan Basarang. Nanti secara perlahan akan dilakukan sosialisasi di semua wilayah agar data terverifikasi dan valid.

700 Covid Hariannkri

“Baru mulai sosialisasi langsung menyebarkan formulir. Nanti rilisnya dicek oleh desa supaya sesuai di lapangan,” ujarnya.

Dia berharap, data tersebut bisa memaksimalkan tepat sasaran bantuan sosial, khususnya bagi warga yang kurang mampu di masing masing kecamatan dan desa desa.

Sementara itu Camat Basarang, Aswan mengaku sangat mendukung kegiatan Dinsos tersebut. Masing-masing desa juga sangat antusias mengikuti sosialisasi yang bisa menyelesaikan beberapa persoalan di desa tentang data penerima bantuan.

“Hari ini sosialisasi, setiap desa mengirimkan perwakilan 5 orang,” tutup Aswan. (SAS)

Baca Juga :  Rumah Ketua KPK Diduga Mendapat Ancaman Bom
700 Covid Hariannkri
Loading...