Bupati Kapuas Pimpin Rakor Cegah Virus Corona Melalui Whatsapp

Bupati Kapuas Terbitkan Surat Edaran Sekolah Libur 2 Minggu
Bupati Kapuas Ir. Ben Brahim. S. Bahat, MM. MT

HARIANNKRI.COM – Bupati Kapuas Ir. Ben Brahim. S. Bahat, MM. MT melalui teknologi komunikasi via whatsapp memimpin langsung Rapat Koordinasi Lintas Sektor Kewaspadaan dan Kesiapsiagaan Menghadapi Corona Virus Disease 19 (Covid-19) lingkup Pemerintah Kabupaten Kapuas, Selasa (17/3/2020) pagi. Rakor digelar melalui teknologi komunikasi sebagai bentuk keseriusan Bupati Kapuas menangani kasus pandemi tersebut.

Kegiatan yang dilaksanakan juga terkait dengan arahan dari Presiden Joko Widodo kepada seluruh menteri, Kepala Daerah dan Masyarakat Indonesia. Dalam kegiatan tersebut, arahan Presiden Joko Widodo disampaikan melalui video yang ditayangkan. Tampak hadir, Wakil Bupati Kapuas Drs. H. M. Nafiah Ibnor, MM, Forkopimda, Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Andres Nuah, Kepala OPD Lingkup Pemkab Kapuas, Camat se Kabupaten Kapuas, dan lintas sektor lainnya.

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dalam arahannya menyampaikan bahwa dalam menyikapi kondisi dan perkembangan saat ini, termasuk mendengar arahan dari Presiden, ia meminta yang pertama semua kegiatan termasuk upacara dalam memperingati Hari Jadi Kota Kuala Kapuas ke 214 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Kabupaten Kapuas ke 69, untuk sementara waktu ditunda sampai dengan waktu yang akan ditentukan.
610X200 HUT Kapuas

“Semua ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan bagi warga masyarakat dan untuk diri kita sendiri,” ucapnya.

Baca Juga :  Survei SMRC: Suara Untuk Jokowi Mencapai Hampir 58 Persen

Kemudian, lebih lanjut, Ben Brahim mengungkapkan sesuai dengan arahan Presiden, ia pun meminta kepada semua yang terkait untuk melaksanakan Satuan Tugas (Satgas), yang dibentuk mulai dari tingkat desa, kecamatan dan kabupaten. Satgas ini selain memberikan edukasi kepada masyarakat di wilayahnya masing-masing, juga dilaksanakan secara rutin dari rumah ke rumah, dengan memeriksa kondisi warga, berkaitan dengan Virus Corona dan Demam Berdarah.

“Saya minta petugas satgas untuk melakukan pemeriksaan kepada masyarakat di seluruh wilayah Kabupaten Kapuas, dari pintu ke pintu setiap hari. Ini yang perlu kita lakukan,” ujarnya.

Selain itu, untuk sekolah sekolah, ia mengarahkan kepada dinas terkait untuk memberikan pemahaman sesuai dengan petunjuk teknis kesehatan, pemahaman tentang jangan melakukan kontak fisik secara langsung misalnya dalam hal bersalaman juga hal-hal yang lain dengan jarak tertentu. Ia meminta kepada dinas terkait agar di depan kelas menyiapkan tempat cuci tangan di setiap kelas dan kalau waktu jam istirahat tetap di dalam kelas.

Baca Juga :  Penyebaran Corona di Eropa Sangat Cepat dan Menegangkan

Kepada instansi Kominfo, ia mengharapkan memberikan informasi dan pemahaman kepada seluruh elemen masyarakat, baik melalui siaran keliling, video tron, spanduk baliho dan radio serta menyebarkan leaflet yang berkaitan dengan pencegahan dan penanggulangan Virus Corona, artinya bagaimana caranya menyampaikan kepada mereka untuk menghindari terjangkitnya Virus Corona.

“Saya minta kepada kita semua tetap menenangkan warga kita, dan kita mengurangi rapat-rapat di ruangan tertutup dengan banyak orang. Kita tetap semangat menghadapi kondisi ini. Mari berjuang bersama. Kita minta kepada tokoh agama untuk mendoakan agar Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah termasuk Indonesia terhindar dari Virus Corona,” terangnya. (ROB)

Loading...