Perum Bulog Manokwari Siagakan 162 Titik Rumah Pangan Kita

Perum Bulog Manokwari Siagakan 162 Titik Rumah Pangan Kita

HARIANNKRI.COM – Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Kabupaten Manokwari, Papua Barat telah menyiagakan 162 titik Rumah Pangan Kita (RPK). Hal ini dilakukan untuk menjaga stabilisasi harga di pasaran jelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Kepala Subdivre Perum Bulog Manokwari, Rahmat Hidayah menjelaskan keberadaan RPK. Untuk Kota Manokwari dan sekitarnya, RPK tersebut tersebar di Pasar Tradisional Sanggeng dan Wosi hingga wilayah pelabuhan Marampa-Amban.

“RPK ini menyediakan komoditi pangan yang dikelola oleh Perum Bulog dan harga jualnya juga relatif murah,” kata Rahmat, Senin (17/12/2018).
610X200 HUT Kapuas

Lanjut Rakhmat, Bulog Manokwari rutin melakukan pengawasan terhadap RPK. Bahkan beberapa waktu lalu telah dilaksanakan Inspeksi Mendadak (Sidak) bersama Dinas Perindustrikan dan Perdagangan (Disperindag) dan Satgas Pangan Polda Papua Barat. Untuk memantau harga-harga komoditi  yang tersedia di RPK maupun pasar tradisional.

Baca Juga :  Resimen Kavaleri 3 Marinir Gelar latihan Cross Country

“Kami sudah melaksanakan sidak untuk melihat harga komoditi yang dikelola Bulog. Sementara untuk komodi lain itu dibawah pengawasan Diperindag. Tapi pelaksanaan pengawasannya dilaksanakan secara bersama-sama,” jelas Rahmat.

700 Covid Hariannkri

Selain itu, Bulog Manokwari juga mempunyai empat RPK yang tersebar di wilayah Kabupaten Teluk Wondama, Kabupaten Pegunungan Arfak, Kabupaten Manokwari Selatan dan Kabupaten Teluk Bintuni.

Meskipun gaungnya tidak terlalu besar, mereka akan terus berupaya memperbanyak outletnya pada 2019. Untuk mempermudah akses masyarakat dalam mendapatkan harga bahan pokok pangan.

“Kalau harga bahan-bahan kebutuhan pokok, termasuk makanan mahal. Masyarakat bisa datangi RPK yang disediakan untuk berbelanja. Karena bahan kebutuhan pokok yang tersedia disana murah. Khususnya komoditi yang dikelola Perum Bulog,” tandas Rahmat.

Baca Juga :  Babinsa Kepatihan Wetan Takziah Mantan Anggota Linmas

Kehadiran RPK ini ternyata membawa dampak positif. Selain membangun jiwa entrepreneurship serta membangkitkan ekonomi masyarakat, RPK juga merupakan bukti verifikasi serta pendistribusian komoditi pangan yang menyediakan makanan sehat dan murah.

“RPK yang disediakan Perum Bulog di empat kabupaten bisa dijadikan sebagai pilihan kepada masyaraat untuk memperoleh komoditi pangan yang lebih murah,” Ucap Ramhat. (JFS)

Loading...